Umat Hindu Banyuwangi Laksanakan Upacara Melasti

0
60
Caption : Suasana Upacara Melasti Di Pura Segara Tawang Alun Pulau Merah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

BANYUWANGI (kabarbanyuwangi.co.id) – Menjelang perayaan Nyepi Tahun Saka 1941, umat Hindu di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melaksanakan Upacara Melasti di lima tempat, antara lain, Wana wisata Rowo Bayu, Kecamatan Songgon, Pantai Boom, Banyuwangi, Pantai Gumuk Kantong, Kecamatan Muncar, Pantai Triangulasi, Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Kecamatan Tegaldlimo, Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran, Minggu, (03/03/2019). Sedangkan agenda upacara Melasti berikutnya akan dipusatkan di Pantai Blibis Kecamatan Blimbingsari, Senin (04/03/2019).

Bagi umat Hindu sendiri, upacara Melasti adalah merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi yang bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Melasti disebut juga melis atau mekiyis yang bertujuan untuk melebur segala macam kotoran pikiran, perkataan, dan perbuatan. Selain itu dalam upacara ini umat Hindu akan memperoleh air suci (tirta amerta). Dalam kepercayaan Hindu, sumber mata air seperti danau, dan laut dianggap sebagai air kehidupan.

Sementara itu, upacara Melasti yang dilaksanakan di Pantai Boom, Banyuwangi, pada Minggu, (03/03/2019), tersebut dihadiri oleh umat Hindu yang berada di wilayah Banyuwangi, Ketapang, dan Kalipuro. Dan, upacara itu dipimpin oleh Romo Mangku, setempat.

Untuk di pantai Gumuk Kantong, Kecamatan Muncar, uapara tersebut dihadiri oleh umat hindu di wilayah kecamatan Muncar dan Srono. Dan, upacara tersebut dipimpin oleh Ida Pandhita Mpu Dharma Mukti Sida Kerthi dari griya Amla Buana Sari Tukad Mengwi, Kabupaten Buleleng, Bali.

Caption: Umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur.

”Selain melakukan persembahyangan, upacara Melasti ini juga menjadi pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura, pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya,” terang Marsaid, selaku ketua Panitia Melasti wilayah Pantai Gumuk Kantong pada kabarbanyuwnagi.co.id, Minggu (03/03/2019).

Upacara Melasti untuk wilayah Tegaldlimo dipusatkan di Pantai Triangulasi, wilayah Taman Nasional Alas Purwo, kecamatan Tegaldlimo, yang diikuti oleh umat Hindu wilayah Tegaldlimo dan Purwoharjo. Upacara tersebut dipimpin oleh Ida Bopo Pandhita Giri Dharma Arsa dari Griya Purwosanthi dari Gumukrejo, Purwoharjo.

Sedangkan upacara Melasti di wilayah selatan dipusatkan di Pura Segara Tawang Alun, di Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, yang dihadiri oleh umat Hindu wilayah Pesanggaran, Siliragung, Tegalsari, dan Bangorejo. Upacara tersebut dipimpin oleh dua orang pandhita, yaitu, Ida Pandhita Dharmika Sandhi Kertha Yasa, dari griya Anom Sari, Pesanggaran serta Ida Rsi Purbo Adinatha, dari griya Purwo, Dusun Kaligesing, Karangmulyo, Tegalsari, Banyuwangi. Dan, upacara tersebut menghadirkan Drs. I Ketut Sudhirta, S.Ag., MPKn. yang juga merupakan Sekretaris PHDI Provinsi Jawa Timur.

“Upacara Melasti merupakan rangkaian untuk penyucian diri dalam menyambut pelaksanaan Catur Bratha penyepian yang akan dilaksanakan pada Kamis, 07 Maret 2019,” terang Pandoyo, S.Pd.H. selaku ketua panitia upacara wilayah Pulau Merah, Pesanggaran.

Perlu diketahui, debelumnya pada Sabtu (02/03/2019), pelaksanaan Upacara Melasti terlebih dulu dilaksanakan di wilayah barat, dipusatkan di wana wisata Rowo Bayu, kecamatan Songgon, yang dihadiri umat Hindu wilayah Songgon, Genteng, Sempu, Glenmore, dan Kalibaru. (Eko/KB)