Viu Mengumumkan 12 Finalis Viu Pitching Forum 2019

0
37
Caption : Viu Indonesia mengumumkan 12 finalis hasil gelaran VPF 2019 yang telah dilangsungkan di 10 kota Indonesia sepanjang Januari-Februari lalu. 12 finalis selanjutnya akan ikuti Final Boot Camp VPF 2019 di Jakarta (Foto : Istimewa).

JAKARTA (kabarbanyuwangi.co.id) – Viu Indonesia, layanan video OTT, mengumumkan dua belas finalis dari Viu Pitching Forum 2019. Setelah melakukan roadshow Dialog Film sejak Januari hingga Februari 2019 di sepuluh kota yaitu Yogyakarta, Bandung, Padang, Manado, Balikpapan, Surabaya, Bali, Tangerang, Medan, dan Jakarta, Viu telah menerima lebih dari dua ratus proposal ide cerita.

Dibuka pada 19 Januari 2019 lalu, Viu Pitching Forum (VPF) adalah sebuah acara tahunan yang didedikasikan untuk memfasilitasi dan mengembangkan ide-ide cerita yang dimiliki oleh sineas Indonesia untuk kemudian diproduksi sebagai Viu Originals dan akan ditayangkan di tujuh belas negara di mana layanan Viu tersedia.

Fasilitas diberikan dalam bentuk bimbingan dari para sineas senior Indonesia, wirausahawan perfilman, akademisi bidang perfilman, hingga badan pemerintah yang menaungi industri kreatif.

Nia Dinata selaku kepala mentor dan anggota Juri Viu Pitching Forum mengatakan VPF merupakan salah satu bentuk komitmen Viu dalam membangun sebuah ekosistem yang dapat memberdayakan industri konten Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

“Viu Pitching Forum merupakan kesempatan yang sangat langka bagi sineas Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjual ide kepada investor, sehingga ide cerita mereka dapat diproduksi sebagai konten video. Kami menerapkan persyaratan yang ketat bagi mereka yang mendaftar. Persyaratan tersebut termasuk sinopsis, deskripsi karakter, treatment cerita, dan video pitch yang mampu menggambarkan ide cerita secara visual,” kata Nia Dinata, kepala mentor dan anggota Juri Viu Pitching Forum.

Caption : Pengumuman pemenang Viu pitching forum 2019. (Foto : Istimewa).

Ke 12 finalis & judul cerita yang mendapatkan kesempatan emas akan mendapatkan bimbingan secara langsung dari para mentor selama masa boot camp VPF pada 25-30 Maret 2019, di Jakarta.

Berikut adalah dua belas finalis & judul cerita yang mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti enam hari Final Boot Camp Viu Pitching Forum 2019 di Jakarta:

1. Fachri Al Jupri, Karawang: Jakarta Crime Story
2. Reza Mardian, Jakarta: Desi di Desa
3. Lies Nanci Supangkat, Bandung: Love Scam
4. Almira Isnanda, Tangerang: Moonshine
5. Aditya Testarossa, Bekasi: Ningrat
6. lham Riyanto, Malang: Babu
7. Irfan Thamrin, Bali: GIA
8. Ilham Malik Ardinan, Bandung: Nepenthes
9. Novena Adelweis Gisela, Bandung: Non, Cokin?
10. Aaron Timothy Soeharto, Tangerang: Star Stealer
11. M. Faisal Hibatullah, Jakarta: Panti Jomblo
12. Imam Wahyudi, Gresik: The Wedok(s)

Selama masa boot camp pada 25-30 Maret 2019, kedua belas finalis akan mendapatkan bimbingan secara langsung dari para mentor yang terdiri dari:

  1. Aline Jusria (Editor),
  2. Andri Cung (Penulis Skenario & Sutradara),
  3. Badan Ekonomi Kreatif,
  4. Institut Kesenian Jakarta,
  5. Pritagita Arianegara (Sutradara),
  6. Sammaria Simanjuntak (Sutradara & Produser).

Pada hari terakhir boot camp, seluruh finalis akan mempresentasikan proposal final mereka di hadapan para juri, yang terdiri dari:

  1. Myra Suraryo (Viu Senior Vice President Marketing Indonesia),
  2. Sahana Kamath (Viu Head of Original Production Malaysia & Indonesia),
  3. Nia Dinata (Founder Kalyana Shira Films),
  4. Melissa Karim (Penulis Skenario),
  5. Lucky Kuswandi (Sutradara),
  6. Agung Sentausa (Sutradara & Kabid Fasilitasi Pembiayaan Film Badan Perfilman Indonesia),
  7. Devina Sofiyanti (Penulis Skenario).

Pemenang Viu Pitching Forum 2019 akan diumumkan pada hari yang sama dan cerita pemenang akan mulai diproduksi menjadi Viu Originals setelahnya.

“Sumber daya ekonomis bisa habis, sementara yang tidak akan habis adalah sumber daya non ekonomi, warisan budaya, kreativitas, pemikiran, dan manusia. Sehingga 17 ribu pulau, 750 kebudayaan dan 300 bahasa merupakan sebuah potensi kekayaan yang sangat besar bagi Indonesia, untuk dapat menjadikan Indonesia di masa yang akan datang sebagai salah satu produsen konten terbesar di dunia,” kata Myra Suraryo, Viu Senior Vice President Marketing Indonesia.

Untuk informasi lebih detail mengenai Viu Pitching Forum, kunjungi viu.com atau media sosial Viu lewat FacebookTwitterInstagramYouTube.

Perlu diketahui, Viu adalah layanan Video OTT yang tersedia di 17 pasar termasuk Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, Thailand, Myanmar, Afrika Selatan dan negara-negara Timur Tengah seperti UEA, Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Oman, Qatar. Proposisi nilai Viu yang unik dari acara TV, film dan asli  daerah dan lokal yang premium dan segar menghibur jutaan konsumen setiap hari.

Viu Originals menghadirkan kisah-kisah menarik dengan kualitas produksi kelas dunia, juga memberikan kesempatan bagi bakat lokal untuk memamerkan keterampilan mereka di panggung dunia. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Viu yang tersedia secara gratis di App Store dan Google Play, pada perangkat yang terhubung seperti ponsel cerdas dan tablet, serta di web di viu.com.

(Rls/Eko)