RSUD Genteng Intens Rawat Bayi Cantik Temuan Di Pos Kamling Kendal

0
42
Caption : Sehat, imut dan cantik. Kondisi bayi yang ditemukan di Pos Kamling Dusun Kendal Sragi Songgon, kini dirawat di RSUD Genteng.

GENTENG – (kabarbanyuwangi.co.id) – Bayi cantik yang ditemukan warga di dalam Pos Kamling Dusun Kendal Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, pada Selasa (2/4/2019) pukul 02.30 dinihari akhirnya perawatannya ditangani RSUD Genteng. Hal ini setelah sebelumnya, begitu ditemukan langsung diberikan pertolongan pertama di Puskesmas Kecamatan Songgon.

Bayi mungil berbobot 2.8 kilogram tersebut kini mendapatkan perawatan maksimal di RSUD Genteng. Sementara pelaku yang diduga sengaja membuang bayi tersebut masih belum diketahui siapa, namun tetap menjadi PR polisi untuk menemukannya.

Salah seorang karyawan bagian informasi RSUD Genteng mengatakan, bayi berjenis kelamin perempuan itu telah diperiksa oleh dokter umum dan dokter jaga UGD RSUD Genteng dr. Fuad Hariyanto.

“Bayi ini sekarang dirawat di ruang perinatologi RSUD Genteng untuk sementara waktu, sambil menunggu pihak Dinas Sosial (Dinsos) Banyuwangi yang akan menindaklanjutinya,” paparnya, Selasa (3/4/2019) malam.

Caption : Sehat, imut dan cantik. Kondisi bayi yang ditemukan di Pos Kamling Dusun Kendal Sragi Songgon, kini dirawat di RSUD Genteng.

Kondisi bayi tersebut, menurut dr. Fuad sangat baik. Namun tetap diperlukan perawatan yang memadai, yaitu menjaga suhu ruangan dan tetap dilakukan pemantauan. “BB nya 2,8 kilogram tadi saat ditimbang. Tapi kalau dengan memakai baju dan pempers menjadi 3 kilogram,” tambah dr. Fuad.

Diberitakan sebelumnya, temuan bayi perempuan di sebuah pos kamling gegerkan warga Dusun Kendal, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (2/4/2019) pukul 02.30 dinihari. Bayi tersebut diyakini sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Saat ditemukan bayi itu masih dalam keadaan hidup. Bayi berparas cantik itu langsung mendapat perawatan petugas Puskesmas Songgon sebagai penanganan pertama penyelamatan.

Bayi malang itu pertama diketahui seorang warga yang sedang berjalan di jalan depan pos kamling tersebut sekitar pukul 02.30 WIB. Saat melintas, warga itu mendengar suara tangisan bayi. Setelah dicek di pos kamling itu terdapat kardus yang berisi bayi.

Caption : Sehat, imut dan cantik. Kondisi bayi yang ditemukan di Pos Kamling Dusun Kendal Sragi Songgon, kini dirawat di RSUD Genteng.

“Warga yang melihat segera datang ke rumah untuk membangunkan saya,” kata Paidi, Kepala Dusun Kendal.

Bersama warganya, Kadus Paidi kemudian memberanikan diri untuk membuka kardus tersebut. Ternyata benar, di dalam kardus itu ada bayi yang sedang menangis. Bayi tersebut berjenis kelamin perempuan.

Dia pun segera melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian. Bayi malang itu segera dibawa ke Puskesmas Songgon untuk mendapatkan perawatan.

Saat ditemukan, bayi itu dibalut dengan kain berwarna hitam. Sementara di tubuh bayi dan kain yang membalutnya terdapat banyak bercak darah namun tali pusarnya sudah dipotong tanda baru dilahirkan. (Apong/Juma’at)