Perum Bulog Stok Pangan Banyuwangi Aman

0
16

SINGOJURUH (kabarbanyuwangi.co.id) – Perum Bulog melakukan Peluncuran kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium di Gudang Bulog Divre jl. Lemahbang Kulon Kecamatan Singojuruh Selasa (3/1/2019).

Acara ini di hadiri oleh pemerintah Banyuwangi, Kapolres Banyuangi, Dandim 0825, Kepala BPS Banyuwangi, Disperindag, Kabag Perekonomian, Asisten Administrasi,  Kepala bidang lingkungan hidup (DLH) dan Staf Ahli Bupati bagian Ekonomi keuangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan nasional dengan tetap memperhatikan ketersediaan dan dan Pasokan Stabilitas harga pangan khususnya beras di Banyuwangi.

Kasub Divre Bulog Banyuwangi David Susanto dalam sambutanya mengatakan kegiatan itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Bulog Divisi Regional.

Terkait kegiatan KPSH tersebut, ada beberapa langkah yang akan diambil seperti Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP-CBP), percepatan Penyaluran Bansos Rastra dan penjualan komoditi komersil Bulog.

‘’Dengan ini, pangan pokok khususnya beras di Banyuwangi Stoke pangan tetap tersedia 5800 Ton Gula 1300 Ton serta minyak Goreng dan Tepung Trigu dan kualitas yang baik. Selanjutnya setiap OP-CBP  Bulog banyuwangi masih bisa menyuplai Beras ke Bali dan Nusa tenggara Barat (NTB),’’ urai David Susanto, Kasub Divre Bulog Banyuwangi dalam  sambutnya.

Dalam kesempatan itu Bulog juga menggandeng Satgas Pangan untuk melakukan pengawasan terhadap pihak-pihak yang menjalankan OP, termasuk monitoring, pengendalian dan pengamanan.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Banyuwangi Ibu Peni Menambahkan ‘Dengan adanya kegiatan  Program KPSH ini, kebutuhan Fasilitas tahun 2019 pangan pokok khususnya beras dan Gula minyak Tepung Trigu tetap tersedia dalam jumlah dan kualitas yang baik untuk masyarakat Banyuwangi,” imbuhnya.

Kepala Bulog Divre Banyuwangi David Susanto Menyampikan Pelaksanaan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan beras medium dengan menggunakan CBP ini dimaksudkan sebagai upaya stabilisasi dan Pengamanan  harga beras untuk meredam kenaikan harga atau bahkan mencegah terjadinya kenaikan harga, serta meningkatkan pasokan beras medium guna menjaga ketersediaan beras medium di masyarakat. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar konsumen mendapatkan harga beras yang terjangkau dan terjaga daya belinya.

Reporter: Yoyok Alfaro
Editor/Publisher: Eko Prastyo