Penderita Stroke di Desa Lemahbang Dewo Ini Dapat Bantuan Sembako

0
26

ROGOJAMPI (kabarbanyuwangi.co.id) – Sekian lamanya Islamiyah (50) warga RT 1 RW 4 Dusun Satriyan Desa Lemahbang Dewo Kecamatan Rogojampi yang menderita stroke, menjadi bahagia. Karena pada Sabtu (11/5/19) sore, saat dia duduk di kursi disamping pintu masuk rumahnya, menunggu suaminya yang bernama Zamzuri (55), pulang kerja mencari rongsokan, tak disangka kedatangan seseorang yang diketahui betnama Karsono, memberikan bantuan berupa sembako.

Karsono, yang ternyata adalah seorang pendamping penyandang disabilitas ini, ditemui media ini terkait pemberian bantuan tersebut mengatakan, bahwa bantuan yang dia sampaikan berasal dari ABPD Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan peruntukannya memang untuk penyandang disabilitas, dan bantuan tersebut turun rutin setiap tahun, namun disampaikan setiap 4 bulan sekali untuk membantu kebutuhan ‘warga’ sehari-hari.

“Jadi bantuan ini turunnya melalui Dinas Sosial (Dinsos), lalu yang mendistribusikan adalah pendamping disabilitas diwilayah masing-masing. Untuk Desa Lemahbang Dewo sendiri, sementara ini ada 22 penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan. Dan untuk Bu Islamiyah ini, saya baru tahu setelah membaca berita online sampean Pak,” papar Karsono kepada wartawan media ini, Sabtu (12/5/19).

Kedepannya, lanjut Karsono, pihaknya akan melakukan pendataan penyandang disabilitas sebagaimana tugasnya selaku pendamping dari Kementrian Sosial (Kemensos) di wilayah Banyuwangi.

“Data para penyandang disabilitas yang sudah didapat nantinya akan kita input secara online, sesuai dengan klasifikasinya. Apakah itu daksa, mental, autis dan yang lainnya, data yang ada akan langsung masuk di kemensos serta akan diverifikasi ulang guna mendapatkan bantuan rutin melalui kartu yang tersedia,” lontarnya. (Apong/Juma’at)

Caption : Karsono, saat memberikan bantuan sembako kepada Islamiyah, penyandang disalibilitas warga Dusun Satriyan Desa Lemahbang Dewo