Kereta Api Wijaya Kusuma Mulai Operasi

0
47

BANYUWANGI (kabarbanyuwangi.co.id) – Kereta Api Wijaya Kusuma yang melayani trip Banyuwangi – Cilacap dan sebaliknya telah diluncurkan, Sabtu (1/9/2018). Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko bersama jajaran petinggi PT KAI memberangkatkan secara perdana KA Wijaya Kusuma dari Stasiun Banyuwangi Baru Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Seperti dilangsir suksesinews.net, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko mengatakan, daerah timur Jawa memang perlu kereta eksekutif untuk melayani trip Banyuwangi. Sebab Banyuwangi telah tumbuh menjadi kota wisata, utamanya ke Kawah Ijen untuk melihat blue fire.

Wisata pantai banyak dimiliki daerah lain. Ijen merupakan daya tarik wisatawan untuk datang ke ujung timur Jawa. Jika hari libur parkiraan Paltuding penuh kendaraan.

“Jalan pendakian ke kawah akan diperbaiki. September kemungkinan akan ditutup sementara untuk perbaikan jalur pendakian,” paparnya.

Terkait nama kereta, Wabup siap melakukan duduk bersama untuk menentukan perubahan. Sehingga kereta baru yang melayani Cilacap – Banyuwangi lebih identik dengan daerah Using.

“Namanya bisa gandrung, kan sudah melegenda. Atau nama lain yang identik dengan Banyuwangi,” ujarnya, usai memberangkatkan KA Wijaya Kusuma pukul 11.05 WIB.

Coorporate Deputy Director of Passenger Transport and Marketing Sales PT KAI, Mufti Jauhari menegaskan, rute baru KA Wijaya Kusuma dibuka supaya memberi kontribusi perekonomian di Banyuwangi. Apalagi daerah ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Terkait nama Wijaya Kusuma, sebelum melayani trip ke Banyuwangi, delapan bulan lalu sudah dilaunching tapi dengan jurusan Solo. Akhirnya ditambah satu rangkaian lagi yang terdiri dari loko dan gerbongnya untuk tujuan Bumi Blambangan.

“Jika ada rekom nama dari Pemda Banyuwangi akan dirubah. Perubahan bisa satu bulan lagi agar lebih familiar,” timpalnya.

PT KAI juga menggandeng sejumlah pengusaha travel untuk mendongkrak animo penumpang KA Wijaya Kusuma dan wisata Banyuwangi. Karena di wilayah barat wisata di Tanah Gandrung belum begitu dikenal.

“Nanti kita masukkan dalam video konten supaya obyek wisata yang ada di Banyuwangi lebih dikenal,” pungkasnya.