Diduga Terobos Lampu Merah, Truck Gandeng Bermuatan Pupuk Terguling Saat Berbelok

0
27

BANYUWANGI (kabarbanyuwangi.co.id) – Truck gandeng bermuatan pupuk bersubsidi terguling di simpang 3 Sukowidi, Jumat (10/5/19). Akibatnya, muatan pupuk yang berada di bak truck bagian depan tumpah ke jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pengemudi truk juga selamat, hanya mengalami luka-luka lecet di beberapa bagian tubuhnya.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 10.57 WIB. Saat itu, truck gandeng bernopol P 9431 UX yang dikemudikan Tolib, (55), warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Kabat, berjalan dari arah utara. Sedianya truck bermuatan 50 ton pupuk ini hendak menuju arah barat yakni Jl. Argopuro. Saat berbelok itulah truk ini terguling ke arah selatan.

“Saya kaget ada kendaraan Dishub (Dinas Perhubungan) sedang memperbaiki lampu lalu lintas di tengah jalan,” ujar Tolib.

Pria ini mengaku laju kendaraannya tidak terlalu kencang. Truknya terguling karena dirinya membanting stir ke arah kiri saat mengetahui ada kendaraan Dishub yang berada di tengah jalan. Menurutnya kendaraan teknis milik Dishub Banyuwangi bernopol P 8263 VP itu tidak terlihat dari kejauhan.

Akibat kejadian ini, sempat terjadi kemacetan arus lalu lintas. Sebab, separuh lajur Jalan Argopuro tepat di pertigaan Sukowidi itu tertutup oleh badan truk yang terguling. Sehingga kendaraan dari arah timur baik yang datang dari arah utara maupun selatan tersendat. Apalagi saat itu solar dan oli truk tersebut tumpah membasahi ruas jalan.

Petugas Satlantas langsung melakukan upaya rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan jalan. Tumpahan oli dan solar segera ditutup dengan pasir dan tanah untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pupuk yang tumpah di jalan juga dipindahkan ke truck lain agar kendaraan yang terguling bisa segera dievakuasi.

Terpisah, petugas teknis Dishub Banyuwangi, Bahtiar menyatakan, dia bersama beberapa rekannya sedang melakukan servis CCTV yang terpasang di tiang lampu lalu lintas. Dirinya sudah menjalankan SOP dalam melaksanakan tugas tersebut.

“Ada yang naik dan berjaga di bawah, kendaraan kami juga tidak melebihi marka,” katanya.

Menurutnya, truck yang terguling itu melaju cukup kencang. Dia menduga truck tersebut diduga kuat melanggar lampu merah. “Kami sudah melihat rekaman CCTV nanti akan kami serahkan kepada pihak kepolisian,” jelasnya.

Dari rekaman CCTV yang terpasang di tempat itu terlihat truck gandeng yang dikemudikan Tolib melaju cukup kencang. Sehingga saat Tolib hendak membelokkan kendaraannya ke arah barat, truck tersebut oleng. Saat itulah truck tersebut terguling. Kasus ini masih dalam penanganan petugas Unit Kecelakaan Satlantas Polres Banyuwangi. (Apong&Jumaat)

Caption : Petugas unit laka saat mengatur lalin di sekitar TKP kecelakaan, Jumat (10/5/19)