Beroperasi Akhir Tahun 2018, Rini Sumarno Cek Kesiapan Tol Trans Jawa Merak – Surabaya

0
15
Caption: Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto. (Foto: Dok Istimewa).

SURABAYA (kabarbanyuwangi.co.id) – Ruas jalan tol Trans Jawa yaitu Jakarta – Surabaya – Probolinggo sepanjang 800 km segera beroperasi pada akhir tahun 2018 ini. Untuk memastikan kesiapan akses ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan ekspedisi. Menempuh jalur darat dari Kota Surabaya hingga Telkom Landmaek Tower di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani  mengatakan, bahwa waktu tempuh Jakarta – Surabaya dan sebaliknya akan terpangkas signifikan berkat adanya Tol Trans Jawa. Dimana melalui jalan raya nasional bisa mencapai 20 jam, dengan jalan tol perjalanan bisa ditempuh kurang dari 15 jam.

“Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa. Idealnya Jakarta – Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 Km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 Km per jam saja mungkin hanya 8 jam. Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety, jadi ya bisa 10 sampai 12 jam lah paling lama,” jelas Desi dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/11/2018).

Saat ini pengerjaan tol dari Surabaya ke Probolinggo sedang dalam tahap penyelesaian. Kemudian dari Probolinggo akan dilanjutkan hingga Banyuwangi sepanjang 172,9 kilometer.

Adapun untuk rute Merak-Surabaya, saat ini masih ada beberapa titik yang belum rampung 100 persen seperti ruas Ngawi ke Wilangan. “Dari Ngawi ke Wilangan memang ada beberapa titik yang masih dikembangkan. Kemudian dari Ngawi ke Solo, sudah 100 persen,” ujarnya.

Menteri BUMN, Rini Sumarno meminta ruas Merak ke Surabaya dapat beroperasi 100 persen pada Desember 2018. Hal itu agar dapat meningkatkan konektivitas dan alur logistik antara beberapa kota penggerak ekonomi Jawa.

Ekspedisi tembus tol Trans Jawa pada Senin ini dari Surabaya-Jakarta yang dipimpin Rini diperkirakan memakan waktu 14 hingga 16 jam perjalanan darat yang 100 persen melalui ruas-ruas di tol Trans Jawa. Jika seluruh ruas Trans Jawa sudah selesai dan pengembangan ruas Tol Jakarta-Cikampek sudah rampung, maka waktu tempuh perjalanan darat Jakarta-Surabaya maksimal 10 jam.

Penyelenggaraan Ekspedisi Tol Trans Jawa ini merupakan inisiasi Kementerian BUMN bekerja sama dengan sejumlah BUMN seperti Jasa Marga, Waskita Karya, Adhi Karya, Wijaya Karya, PTPP, BNI, Mandiri, BRI, BTN, Pertamina, Telkom, PNM dan PTPN Holding.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh PT Astra International Tbk. Sebelumnya Kementerian BUMN juga telah melaksanakan Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatera pada Akhir Agustus lalu.

Reporter: KB Surabaya
Editor/Publisher: Eko Prastyo