Alokasi DAK-RKB SDN2 Alasmalang Hampir Rampung

0
54
Caption : Bangunan SDN 2 Alas Malang, Singojuruh.

SINGOJURUH (kabarbanyuwangi.co.id) – Dalam upaya menunjang suksesnya penyelenggaraan pendidikan, pemerintah secara berkesinambungan dengan menggelontorkan dana untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan.

Bantuan yang diberikan kepada sekolah masih kekurangan ruang kelas dan fasilitas lainnya serta kepada sekolah dengan adanya kondisi bangunannya sudah rusak atau tidak layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Sepertinya halnya Sekolah Dasar (SD) yang ada di Lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi yakni, SDN 2 Alasmalang dan SDN 1 Gumirih tersebut akirnya mendapatkan bantuan dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK) masing-masing untuk rehabilitasi ruangan kelas berat maupun ringan.

Agus Pramono sebagai Sarpras dan Monitoring Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Singojuruh melakukan control dan cek fisik di SDN 2 Alas Malang. Saat itu di tempat lokasi dia menjelaskan  sumber dana rehabilitasi ruangan kelas dan RKB dua SDN itu dari dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 172.389.000 juta tahun anggaran 2018. Untuk pengerjaanya berjalan lancar dan tepat waktu  sesuai dengan juklak dan juknis yang sudah ditetapkan.

‘’Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 172.389.000 juta tahun anggaran 2018. Untuk pengerjaanya berjalan lancar dan tepat waktu  sesuai dengan juklak dan juknis yang sudah ditetapkan,’’ katanya.

Perlu diketahui, dalam pelaksanaannya itu, rehabilitasi RKB kedua sekolah tersebut dibantu oleh komite sekolah dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Caption : Winanti SPd, Kepala Kepala SDN 2 Alas Malang, Singojuruh.

Winanti SPd, Kepala Sekolah (SD) memaparkan, berkat adanya bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) di SDN 2 Alasmalang, bangunan saat ini sudah layak jadi untuk dijadikkan kegiatan belajar mengajar (KBM). Dan hingga sampai saat ini pengerjaannya pun sudah masuk 70 persen.

“Alhamdulilah berkat adanya bantuan DAK, SDN 2 Alasmalang bangunannya jadi layak untuk dijadikan Kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Pengerjaan yang sudah masuk 70 persen akan kita genjot segera selesai di bulan november Diharapkan dengan perbaikan dua ruang kelas baru ini para siswa akan lebih nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar,’’ ungkap Winanti SPd, Kepala SDN 2 Alasmalang, Selasa (30/10/2018).

Caption : Haryono Komite SDN 2 Alas Malang, Singojuruh.

Sementara Haryono selaku komite sekolah SDN 2 alasmalang saat di temui awak media kabarbanyuwangi.co.id mengatakan, pihaknya selaku komite juga sebagai tim pelaksana pembangunan sangat berterima kasih kepada pihak pemerintah yang telah memberikan bantuan.

Seperti bantuan rehabilitasi ruang kelas tersebut sudah sejak lama dinantikan oleh masyarakat mengingat kondisi bangunan sekolah sudah tidak layak sehingga kegiatan belajar siswa sering terganggu.

‘’Sekarang kegiatan belajar mengajar siswa di SDN 2 Alasmalang  sudah tidak khawatir lagi, karena bangunan ruang kelas yang rusak kini sudah diperbaiki dengan adanya bantuan DAK.

Menurutnya, sebelum diperbaiki keadaan ruangan kelas sangat memprihatinkan sekali sebab hampir semua bagian dinding atas dan bawah sudah pada rusak semua.

“Kami juga selaku komite sangat berterimakasih karena dalam pelaksanan proyek rehab ruangan kelas pihak sekolah sangat baik dan trasparan kepada semua pihak, sehingga didalam pengerjaannya tidak ada kendala dan tidak ada masalah sampai pekerjaan tuntas,”pungkas Haryono. (*)

Reporter: Yoyok Alfaro
Editor/Publisher: Eko Prastyo